Selasa, 16 Juli 2013

Harta Karun Misterius yang Bikin Heboh Dunia

1. Harta karun Firaun di Mesir.

 Harta karun terpendam Firaun merupakan harta karun yang terkenal hingga saat ini, konon dilembah para raja terdapat kemegahan artefak-artefak makam raja muda yang dikelilingi batu-batu permata. Namun saat penggalian makam Firaun diakhir abad ke 19 makam-makam tersebut telah dalam keadaan kosong. 

   Beberapa ahli percaya bahwa harta tersebut telah sengaja diambil oleh para pendeta yang melakukan pemakaman atas dinasti raja-raja Mesir yang ke 20 dan ke 21 dilembah para raja. Firaun-firaun dimasa itu konon tidak melarang untuk mengambil harta yag ada dimakam nenek moyang mereka untuk digunakan kembali pada saat pemakaman mereka. Namun para ahli yakin bahwa suatu ketika misteri hilangnya harta dimakam para firaun akan terkuak seiring berjalannya waktu.


2. Harta karun Yamashita, Filipina. 

 Harta karun yamashita adalah harta yang dijarah oleh pasukan jepang pada perang dunia ke 2. lokasinya berada disebuah teluk di Filipina, banyak yang percaya bahwa ada banyak harta karun yang tersimpan ditempat ini. Tapi karena medannya telah berubah hingga kini harta karun tersebut semakin sulit dicari. emas batangan dan batu berharga yang disenyalir masih tersimpan tersebut hingga kini masih menjadi perburuan banyak orang. 


3. Harta karun VOC, Indonesia 


  Di Indonesia juga terdapat harta karun VOC dari zaman penjajahan belanda. Misteri harta karun VOC di pulau Onrust memang mengundang penasaran begitu banyak orang. konon katanya, jumlah harta ini dapat melunasi semua utang Indonesia. Pulau Onrust terletak di teluk Jakarta. 3 jam dari Muara Karang dengan menggunakan kapal motor, pada zaman belanda lokasi ini memang tempat yg paling sibuk, tempat masuknya kapal setelah menjajah dari kota-kota lain di Indonesia. Mitos harta karun VOC di pulau Onrust itu bermula dari keganjilan sejarah, bagaimana sebuah institusi dagang sebesar dan sekuat VOC mendadak bangkrut secara tiba-tiba. sehingga sebagian orang percaya bila VOC masih menyimpan harta karunnya di pulau yang terletak di ujung jakarta tersebut.

4. Harta karun blackbeard, pulau Karibia

 
 Blackbeard dikenal sebagai perompak kejam yang pintar mengambil emas dan permata dari kapal-kapal besar yang dijarahnya. Wilayah operasinya berada disekitar Hindia barat dan pantai Atlantis di Amerika Utara dengan markas utamanya dikepulauan Bahama dan Carolina Utara. Riwayatnya tamat dibulan november 1718 oleh Letnan Inggris Robert Maynard berhasil menangkapnya serta menggantungnya. Namun harta jarahannya tidak ditemukan hingga sekarang. Banyak orang percaya harta karunnya si jenggot hitam ini tersembunyi di Kepulauan Karibia, teluk Chesapeake, dan di gua-gua yang terdapat di Kepulauan Cayman.


5. Harta karun Romawi, Inggris

Yang tak kalah menghebohkan penemuan harta karun Romawi di Inggris. Seorang pemburu harta karun di Inggris berhasil menemukan 52.500 keping uang logam kuno. Harta itu diyakini sebagai peninggalan Kekaisaran Romawi. Menurut pakar, koin-koin yang dipamerkan di British Museum London itu ditaksir seharga 3,3 juta poundsterling (sekitar Rp45,2 miliar). Diantara tumpukan benda berharga itu ada ratusan keping uang logam, yang di bagian tengah terdapat pahatan mirip Marcus Aurelius Carausius. 



Dia dikenal sebagai pelaut Kekaisaran Romawi yang menaklukkan Inggris dan Prancis bagian utara pada akhir abad ketiga dan sekaligus mencanangkan diri sebagai kaisar. Dia berkuasa di wilayahnya dari tahun 286 hingga dibunuh pada 293. 
   Tumpukan koin itu ditemukan oleh spesialis pemburu harta karun, Dave Crisp. Dengan menggunakan detektor logam, dia menemukan koin itu pada April lalu di bawah tanah lapang di Inggris bagian barat daya. 

   Saat ditemukan, harta itu disimpan di dalam suatu periuk
besar setinggi 30 cm. Berat keseluruhan 160 kg. Demikian menurut Dewan Daerah Somerset dan lembaga The Portable Antiquities Scheme, departemen yang dibentuk oleh The British Museum untuk menyelidiki penemuan-penemuan kuno. 
Crisp mengaku mendengar "sinyal yang lucu" dari alat detektor logam di suatu lokasi. Itulah yang membuat dia penasaran untuk menggali. "Di situ saya menemukan suatu periuk beserta sejumlah koin perunggu peninggalan Rowami. Bentuk koin sangat kecil, seukuran dengan kuku saya," kata Crisp. 
   Awalnya, dia hanya menemukan sekitar 20 keping sebelum akhirnya menemukan koin yang lebih banyak lagi. Dia pun perlu bantuan ahli. Para arkeolog dari Dewan Wilayah Somerset akhirnya dilibatkan dalam penggalian. Ini merupakan penemuan harta karun terbesar di Inggris. Timbunan koin itu berguna untuk mengungkap lebih lanjut sejarah Britania Raya pada abad ketiga, demikian menurut Roger Bland, pengamat dari British Museum. 

"Akhir abad ketiga merupakan periode dimana Inggris menderita serangan dari kaum barbar, krisis ekonomi, dan perang saudara," kata Bland.

Pemerintahan Romawi pada akhirnya kembali stabil saat Kaisar Diocletian membentuk koalisi dengan Kaisar Maximian, yang berlangsung 20 tahun. Koalisi ini mengalahkan rezim separatis yang dibentuk di Inggris oleh Carausius. 
Tahun lalu, juga ditemukan sejumlah koin peninggalan Anglo-Saxon di Inggris bagian tengah. Sebagian besar koin itu terbuat dari emas.
6. The Amber Room, Rusia 
 Di Rusia konon terdapat Amber Room harta karun paling melukis sepanjang sejarah. Amber room merupakan sebuah ruangan berukuran 11 kaki persegi terdiri dari panel-panel dinding berukuran besar yang bertahtakan beberapa ton batu batu Amber yang luar biasa. Cermin-cermin besar yang di sisinya terbuat dari dedaunan yang terbuat dari emas, serta empat buah mozaic Florentine yang luar biasa indahnya.
Saat Nazi meluluhlantahkan Leningrad (saat ini bernama St. Petersburg) pada bulan Oktober 1941, mereka merebutnya dan memindahkannya ke Istana Knigsberg selama masa perang.

Ketika Knigsberg menyerah bulan April 1945, ruangan Amber menghilang, dan sampai sekarang tak pernah diketemukan kembali. Apakah sudah hancur oleh bom Soviet sendiri atau tersembunyi di salah satu bunker yang terletak di luar kota? Tak ada yang tahu pasti mengenai nasib ruangan tersebut. Saat ini telah diciptakan replika dari Ruangan Amber, yang dibuat dengan sangat teliti, di Istana Catherine.
 7. Harta karun Staffordshire, Inggris
Baru-baru ini ditemukan sebuah logam emas terbesar yang tertimbun dilahan pertanian Inggris oleh para kolektor dan ahli setempat. benda tersebut ditaksir memiliki nilai 3,28 juta poundsterling atau sekitar 5,5 juta dollar Amerika Serikat. Harta karun staffordshire yang ditemukan Terry Herbert di pertengahan Inggris pada Juli lalu itu meliputi lebih dari 1.500 artikel, terutama emas dan perak yang diperkirakan berasaldari abad ke-7. Sesuai UU setempat, harta karun tersebut akan dibagi dua antara Herbert sebagai penemu, dan sang pemilik tanah, Fred Johnson. Temuan spektakuler sebelumnya juga terjadi pada situs pemakaman Sutton Hoo, di mana sebuah kapal besar kuburan digali di timur Inggris pada tahun 1939. 
Dua museum berharap untuk memperoleh harta karun itu, Birmingham Museum & Art Gallery dan museum keramik, telah menemui sang penemu dan pemilik tanah untuk menaksir berapa uangyang diinginkan. Sekitar selusin item properti telah dipamerkan di British Museum di London belum lama ini. Ratusan orang antre selama berjam-jam untuk menyaksikan apa yang ditampilkan di Birmingham awal tahun ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar